Malang, (bisnissurabaya.com) – Sejalan dengan upaya pemerintah memitigasi penyebaran pandemi Covid-19, Pemerintah Kota/Pemkot Malang bersama Gojek berkolaborasi mengajak masyarakat berbelanja di Pasar Rakyat dengan menggunakan layanan GoShop.
GoShop yang merupakan layanan Gojek untuk membeli berbagai kebutuhan dari lokasi mana pun dan telah tersedia di seluruh Indonesia ini, mendapatkan respon yang positif dari masyarakat. Adapun pasar-pasar rakyat yang terlibat aktif dalam kampanye online shopping ini diantaranya, Pasar Oro-Oro Dowo, Pasar Bareng, Madyapuro, Sukun, Sawojajar, Gadang Lama, Klojen, Bunul.

Namun demikian, protokol terhadap penyebaran pandemi Covid-19 tetap dikedepankan dengan menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun dan cairan pencuci tangan (hand sanitizer) di pasar, menerapkan jaga jarak sosial/social distancing serta melengkapi diri dengan masker dan alat perlindungan diri lainnya bagi mitra Gojek.
Head, Government Relations Gojek Wilayah Jatim & Bali Nusra, Boy Arno, mengatakan, pihaknya sangat mendukung kolaborasi yang dilakukan oleh Pemkot Malang, yang didukung penuh oleh Pemprov Jawa Timur bersama Gojek ini. Layanan GoShop turut membantu memitigasi penyebaran pandemi COVID-19 melalui teknologi dan program kolaboratif, termasuk bersama Pemerintah Kota Malang kali ini.

Disamping itu, kami terus mendukung gerakan #dirumahaja untuk menjaga kontak fisik langsung sambil mengemban tanggung jawab menjaga mitra kami seoptimal mungkin agar mereka tetap produktif dan aman”.  Wakil Gubernur Jawa Timur/Jatim, Emil Dardak, disela-sela peninjauan ke Pasar Oro-Oro Dowo kota Malang mengatakan, ”Pasar Oro Oro Dowo ini merupakan salah satu pasar yang pembelinya memanfaatkan layanan digital. Total ada 8 pasar di kota Malang, makanya saya sempatkan mampir kesini untuk melihat. Ternyata ada driver Gojek yang kebetulan sedang menerima order. Ada yang membeli terong, sayur-sayuran dsb”.

“Saya senang mayoritas pedagang dan pengunjung pasar ini sudah menggunakan masker. Pasarnya bersih, tempat cuci tangannya memadai, pengurus pasar & perwakilan pedagangnya pun kooperatif. 90 persen sudah menerapkan protokol dan ini menjadi teladan bagi pasar-pasar rakyat di Jatim,” jelas Emil. Kadiskopindag Kota Malang, Wahyu Setianto, menegaskan, untuk membantu pedagang masyarakat kota Malang dalam mentaati protokol kesehatan dan himbauan Walikota untuk tetap dirumah selama wabah ini masih belum clear dari Kota Malang. Kami apresiasi terhadap Gojek yang juga memperhatikan kebutuhan banyak pihak termasuk mitra Gojek itu sendiri. (yuli)