Gresik, (bisnissurabaya.com) – Merebaknya pandemi Covid-19 menggugah badan usaha ini turut andil dalam penanganannya. Badan usaha ini, PT Semen Indonesia Tbk (SIG) menyalurkan bantuan Alat Kesehatan (Alkes)
dan Alat Pelindung Diri (APD) senilai Rp 500 juta. Bantuan ini diperuntukkan tenaga medis di Rumah Sakit dan Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Boyolali, Klaten, Sukoharjo dan Kota Surakarta, Jawa Tengah/Jateng. Bantuan Alkes dan APD tersebut diserahkan di Yayasan Alkhaqi Manshurina Abadi, Klaten, Sabtu (2/2). Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan SIG, Sigit Wahono, mengatakan, bantuan yang diserahkan meliputi APD coverall, baju hazmat, masker medis, face mask, hair cup, sepatu medis, masker N-95, sarung tangan, hand sanitizer, serta pompa dan cairan disinfektan.

“Pemberian bantuan Alkes dan APD tersebut diharapkan dapat membantu penanganan pasien di Rumah Sakit secara optimal. Kelengkapan Alkes dan APD akan memberikan rasa aman bagi dokter maupun perawat sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien,” kata Sigit. Sedangkan untuk pondok pesantren/ponpes, bantuan APD ini diharapkan dapat membantu upaya antisipasi dan penanganan penyebaran Covid-19 di lingkungan pengajar dan santri. Penyaluran bantuan ini merupakan bagian program kerja Satgas Bencana Nasional BUMN Wilayah Jateng yang dikelola oleh SIG bersama 28 BUMN lainnya. Selain aktif dalam membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Wilayah Jateng, Tim Satgas telah melakukan pendataan kebutuhan bantuan Alkes dan APD bagi Rumah Sakit, puskesmas dan berbagai tempat yang membutuhkan.

Secara mandiri, SIG juga telah berperan aktif dalam melakukan pencegahan dan penanganan Covid-19 dengan memberlakukan kebijakan work from home (WFH), himbauan tidak mudik, penyemprotan disinfektan dan penyaluran bantuan di seluruh area operasional perusahaan.
“Dalam penanggulangan pandemi Covid-19, SIG dan anak perusahaan telah menyalurkan total bantuan senilai Rp 15,3 miliar di seluruh wilayah operasional perusahaan. Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk Alat Kesehatan, APD, hand sanitizer, penyemprotan disinfektan di
fasilitas umum, serta sosialisasi pencegahan Covid-19,” pungkas Sigit. (sam)