Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Guna mengetahui langsung pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2020, dan pos check point Pembatasan Sosial Berskala Besar/PSBB penanggulangan Covid-19, Kakorlantas Polri mengecek pos di Polantas Waru, Sidoarjo Sabtu (2/5).

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, di Pos Check Point P1 Waru Sidoarjo, mengatakan, pihaknya ingin mengecek dan memastikan jalannya Ops Ketupat Semeru 2020.

“Operasi Ketupat tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Karena pelaksanaannya di tengah pandemi Virus Corona. Jadi ada beberapa poin aturan yang menitikberatkan pada upaya pencegahan penyebaran virus,” kata Irjen Pol Istiono.
Misalnya, warga dari luar daerah diminta untuk menunda tujuan perjalanan mudiknya. Apabila di perbatasan Sidoarjo, saat di pos check point ditemukan pengendara dari luar kota, maka harus diminta untuk balik agar tidak masuk ke wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Karena ada beberap SOP yang harus dipahami dan dilaksanakan lebih banyak, maka Kakorlantas berharap, para personel Polri yang bertugas di Pos Check Point untuk menguatkan sinergitas bersama petugas dari instansi lainnya.

“Upaya memutus mata rantai Covid-19 harus kompak dilakukan semua pihak. Karenanya maksimalkan dalam pelaksanaan PSBB ini. Perhatikan aturan-aturan yang dibolehkan dan yang dilarang sesuai Pergub maupun Perbup dalam PSBB penanganan Covid-19,” pesannya. Sementara itu, terkait situasi kamtibmas dalam pelaksanaan PSBB, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji, mengatakan, hingga saat ini berjalan aman dan kondusif. Ia menghimbau kepada semua masyarakat, khususnya para pengendara untuk tetap mematuhi semua peraturan dalam PSBB. (rin)