Surabaya,(bisnissurabaya.com) –  Dua Mahasiswa Surabaya menciptakan alat yang disebut Box Covid-19 untuk menghalau penyebaran virus corona. Box ini merupakan alat sterilisasi uang otomatis dengan sinar ultra violet. Alat ini berfungsi membersihkan uang dari kuman maupun virus dan bakteri saat transaksi jual beli.

Kedua mahasiswa ini adalah Iman Ramdhan, mahasiswa jurusan Teknik Elektro, dan Putri Widia, mahasiswi Teknik Laboratorium Medik. Mereka membuat kotak sterilisasi uang secara otomatis dengan memanfaatkan sinar ultra violet yang mereka namai Box Covid-19. Dibuatnya kotak sterilisasi ini karena uang dianggap menjadi media paling rentan penularan virus corona.

Untuk meminimkan paparan bakteri, mereka memakai sensor ultrasonik di kedua sisi boks. Sensor ini mendeteksi gerakan tangan, dan otomatis akan mengirimkan sinyal supaya pintu boks terbuka. Saat uang masuk dan pintu menutup, secara otomatis sinar UV akan menyala selama 15 detik. Setelah itu pintu juga akan keluar otomatis.

Lamanya penyinaran sinar UV menjadi waktu ideal untuk menghilangkan mikroorganisme atau bakteri dari permukaan uang.

Dalam satu waktu pensterilan uang, alat ini maksimal dapat mensterilkan 10 lembar uang. Lantaran jika terlalu banyak tumpukan uang dikhawatirkan tidak akan maksimal saat menghilangkan bakteri. Rencananya, kampus mereka akan memproduksi banyak boks ini dan dibagikan kepada pemilik warung nasi dan toko kelontong supaya dapat digunakan dalam transaksi di tengah situasi pandemi covid 19 ini.
(agung/stv)