Surabaya,(bisnissurabaya.com) – Jumlah pasien positif covid-19 di Jawa Timur/Jatim menembus angka 1.031 orang melebihi Jawa Barat/Jabar. Sehingga provinsi ini peringkat 2 secara nasional. Meski masa PSBB di Surabaya Raya, namun, laju penyebaran virus corona belum melambat. Satu hari ada penambahan 80 orang yang terkonfirmasi positif. Paling banyak terjadi di kota Surabaya dan Sidoarjo.

Meski masa PSBB di Surabaya Raya, namun, laju penyebaran covid-19 di Jatim meningkat tajam menembus angka 1.031 kasus melebihi Jawa Barat/Jabar. Hal ini sekaligus Jatim menjadi peringkat nasional kedua setelah DKI Jakarta. Dalam satu hari bertambah 80 kasus baru covid-19, dan Surabaya menyumbang terbanyak, dengan 58 kasus. Disusul Sidoarjo dan Gresik. Sebanyak 759 orang masih dirawat di Rumah Sakit, 165 pasien sembuh dan 107 orang meninggal dunia.
Hingga saat ini, kota Surabaya, mencapai angka 496 kasus. Sedangkan Sidoarjo sebanyak 110 dan Gresik 30 kasus. Berdasarkan peta persebaran covid-19 di Jatim dari 38 Kabupaten, Kota, semua dinyatakan zona merah kecuali sampang serta kota Madiun. Sementara itu, pasien dalam pengawasan 3.131 orang dan orang dalam pengawasan sebanyak 19.585 orang.

Dengan bertambah banyak kasus positif covid-19, Jawa Timur, peringkat 2 secara Nasional. Gubenur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, meminta masyarakat untuk disiplin dalam masa PSBB dan mematuhi anjuran Pemerintah dengan jaga jarak, selalu hidup bersih, cuci tangan dan mneghindari kerumunan masa dan perkumpulan orang. (feri/stv)