Surabaya,(bisnissurabaya.com) Guna menangani orang yang telah terpapar virus corona, di kluster Orang Tanpa Gejala/OTG, Pemerintah Provinsi/Pemprov Jawa Timur/Jatim, pekan ini mendatangkan alat tes Swab Pcr covid-19 drive thrue. Alat ini mampu menguji 1.500 sampel SWAB PCR per harinya.

Ketua Tim Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi, mengatakan, alat tes covid-19 drive thru dengan metode Polymerase Chain Reaction/PCR dipastikan tiba pekan ini.

Alat uji berbasis Self Analyzer PCR ini menjadi metode baru rapid test covid-19 di Jatim akan memperluas jangkauan pendeteksi virus corona di masyarakat. Bedanya, dengan PCR yang biasa digunakan di laboratorium, nantinya alat ini tesnya bersistem close. Sehingga bisa dikerjakan di ruang terbuka dan bisa dibawa mobile, serta dapat digunakan dengan drive thru.

Alat tersebut masih dikategorikan rapid test karena kecepatan bacanya terbilang cepat. Hanya dalam waktu 20 hingga 30 menit hasil tes bisa didapatkan. Alat tersebut, menurut Joni, bukan hasil pengadaan APBD Pemprov Jatim. Melainkan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana/ BNPB yang tak lain adalah gugus tugas pusat.

Berdasarkan informasi, ada dua unit alat yang diperbantukan ke Jatim. Harapannya, bisa mempercepat deteksi dan penanganan pada masyarakat yang terpapar virus corona. (feri/stv)