Gresik,(bisnissurabaya.com) – Sejak pandemi virus corona mewabah di dunia, termasuk Indonesia, masyarakat dihimbau agar makan tepat waktu. Dianjurkan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Nah, di Gresik, sebuah warung menawarkan kuliner Kelan Ikan Sembilang yang menonjolkan kuah bumbu Rempa-rempa atau Empon-empon yang diyakini bisa meningkatkan stamina dan menangkal virus corona. Meski virus corona mewabah, warung kuliner kelan sembilang yang sudah 10 tahun berdiri itu mampu meraup untung Rp.5 juta per harinya.

Inilah warung kuliner kelan ikan sembilang khas Gresik, yang berada di pinggir tambak, Desa Mengare, Kecamatan Manyar, Gresik.

Warung milik Tina tersebut, berada di pinggir tambak,bberdiri sejak 10 tahun lalu. Meski hanya berjualan menu kelan atau asem-asem ikan sembilan, namun, warungnya tidak pernah sepi pelanggan.

Bahkan, saat pandemi virus corona mewabah di mana-mana, warung sederhana tersebut tetap ramai. Selain Gresik, pelanggan banyak dari luar kota. Seperti, Malang, Sidoarjo, Surabaya,bdan Lamongan.

Saat ramai, Tina dan suaminya mampu menghabiskan satu kwintal ikan sembilang asli laut tersebut, dengan keuntungan Rp. 5 juta per hari.

Saat sepi pelanggan, Tina mengaku masih bisa meraup untung Rp. 2-3 juta per hari.  Asem-asem kelan sembilang paling dicari pelanggan adalah kepala dan ekornya. Dengan ciri kuah kuning yang segar menggoda selera. Sekali mencoba pasti ketagihan.

Tina mengaku, warna kuah kuning berasal dari bumbu rempa-rempa atau empon-empon, seperti kunyit, jahe, daun jeruk.

Bahkan, sejak virus covid menyerang, Tina, mengaku menambah bumbu empon-empon agar pelanggannya tetap sehat dan tidak muda terserang virus corona.

Dr Asluchul Alif, salah satu pelanggan setia, mengaku, seminggu tidak makan kelan atau asem-asem ikan sembilang milik Tina, rasanya kangen.

Dirinya selalu ketagihan, karena asem-asem kelan ikan sembilang buatan Tina, tidak menggunakan bahan pengawet kimia, murni menonjolkan rempa-rempa atau empon-empon, yang saat ini dicari orang karena diyakini mampu menangkal virus corona.

Ikan sembilang kaya akan manfaat, bergizi tinggi mengandung protein, fosfor, asam lemak omega 3. Bahkan, nutrisi karbohidrat dan rendah lemak, bisa menurunkan berat badan, cocok untuk program diet.

Selain itu, insang kembaran ikan lele tersebut, kata orang jawa bisa menyembuhkan orang yang suka ngompol atau penyakit kencing.

Untuk badan dan ekor ikan sembilang dibandrol 20 ribu rupiah per porsi. Sedangkan, untuk kepala ikan ukuran kecil, 30 ribu rupiah, dan kepala ikan ukuran besar, 50 ribu rupiah satu porsi.

Jadi tidak ada salahnya mencoba kuliner asem-asem kelan ikan sembilang asli Mengare, Manyar Gresik tersebut. Selain bersih dan dijamin bergizi, juga diyakini mampu menangkal virus corona, karena kandungan bumbu rempa-rempa dalam kuah.
(muhammad bashoir/stv)