Surabaya,(bisnissurabaya.com) – Setelah dua minggu ditutup untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid 19, Pasar Kapasan Surabaya akhirnya dibuka. Pembukaan pasar ini disambut suka cita ribuan pedagang. Meski dibuka, pengelola Pasar Kapasan memberlakukan SOP Protokol penanganan covid 19. Seperti, setiap pengunjung baik pedagang, kuli angkut dan konsumen wajib diukur suhu tubuh, disemprot disinfektan, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun atau meggunakan hand sanitizer.

Antrian pedagang dan pegawai ini tampak di pintu masuk pasar kapasan, setelah dua minggu ditutup oleh Perusahaan Daerah(PD) Surya Pemkot Surabaya. Penutupan pasar ini karena mencegah penyebaran virus corona atau covid 19 lantaran salah seorang penghuni pasar dinyatakan positif covid 19. Pembukaan pasar kapasan yang merupakan salah satu pusat grosir di Kota Pahlawan ini disambut gembira pedagang. Pedagang bersyukur pasar tersebut dibuka karena mereka banyak mengalami kerugian.

Apalagi menjelang bulan puasa ramadhan dan lebaran. Sementara itu, Kabag Perekonomian Pemkot Surabaya, Agus Hepi Juniantoro, yang meninjau pembukaan Pasar Kapasan ini mengatakan, pembukaan pasar sudah sesuai dengan prosedur protokol penanganan covid 19. Seperti, mewajibkan penggunaan masker kepada pedagang, pegawai, kuli angkut dan pengunjung, mengukur suhu dengan menggunakan termoscaner, menyemprotkan disinfektan dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Sebelum dibuka, pasar ini sudah beberapa kali disterilkan dengan melakukan penyemprotan di seluruh jalan dan stand dalam pasar. Diharapkan, semua pedagang, pegawai dan pengunjung mematuhi aturan yang telah ditentukan agar penyebaran virus corona tak meluas.
(farid/stv)