Blitar, (bisnissurabaya.com) – Seorang penggali pasir di Kabupaten Blitar geger menemukan Mahkota Raja zaman Kerajaan Majapahit. Dinas Porbudpar setempat, meninjau dan berencana melaporkan penemuan tersebut ke Dinas Purbakala Trowulan Mojokerto untuk memastikan benda bersejarah atau aksesoris biasa. Warga Desa Candirejo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar dikejutkan dengan penemuan mahkota raja oleh Warsito, seorang penggali pasir warga setempat. Atas penemuan tersebut, warga penasaran dan ingin melihat langsung penemuan benda bersejarah tersebut.

Sementara itu, Dinas Porbudpar setempat meninjau langsung ke rumah Warsito untuk mengecek kebenaran benda bersejarah atau aksesoris biasa. Mahkota raja ini mempunyai tinggi 30 cm dengan diameter 60 cm. Fendri, istri Warsito mengaku, penemuan ini berawal saat suaminya menggali pasir di pinggir sungai belakang rumahnya. Saat membuang plastik, tiba-tiba ada yang tersangkut. Dan setelah ditarik ternyata mahkota yang terbuat dari tembaga.

Kepala Dinas Porbudpar Kabupaten Blitar Suhendro Winarso, mengatakan, temuan tersebut rencananya akan dilaporkan ke Dinas Purbakala Trowulan Mojokerto untuk mengetahui keasliannya. Saat ini, mahkota raja tersebut disimpan Warsito dan keluarganya, sambil menunggu kedatangan tim dari Dinas Purbakala Trowulan Mojokerto. (khoirul/stv)