Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Berbagai cara dilakukan anggota DPR RI Rahmat Muhajirin, untuk ikut menekan penyebaran Covid-19. Salah satunya di lapas dan rutan. Anggota Komisi III DPR RI tersebut membangikan 1.468 hand sanitizer dan masker di lapas dan rutan yang ada di Sidoarjo, Selasa (14/4).

Pembagian dilakukan di Lapas Delta, Lapas Porong, Lapas Perempuan di Porong dan Rutan Medaeng. Tak hanya warga binaan yang mendapatkan hand sanitizer dan masker, tetapi petugas di lapas dan rutan juga ikut kebagian. “Kami ingin berupaya agar penyebaran Covid-19 bisa dicegah dengan membagikan hand sanitizer dan masker,” kata Rahmat Muhajirin.

Anggota DPR RI dapil Surabaya-Sidoarjo ini berharap, warga binaan di lapas dan rutan serta petugas bisa terhindar dari virus corona. Sehingga penyebaran penyakit menular itu bisa dicegah dari sejumlah lini. “Jangan sampai ada warga binaan yang tertular Covid-19 yang bisa berdampak ke semua warga binaan maupun petugas di lapas dan rutan,” ujarnya.

Jumlah warga binaan di rutan dan lapas, kata politisi asal Candi ini, memang membludak. Karena itu, butuh pengawasan dan antisipasi sejak dini untuk mencegah penularan virus corona. Anjuran physical distancing antar sesama warga binaan dan petugas harus terus dilakukan.

Rincian pembagian hand sanitizer di lapas dan rutan yakni, Lapas Sidoarjo 244 buah, Rutan Medaeng 371 buah, Lapas Porong 766 buah dan Lapas Porong perempuan 83 buah. Sedangkan pembagian masker di Lapas Sidoarjo 100 buah, Lapas Porong 100 buah, Lapas Perempuan 50 buah dan Rutan Medaeng 100 buah.

Hingga saat ini, Rahmat Muhajirin, juga terus melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah kawasan di Sidoarjo. Dia bersama istrinya Mimik Idayana yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Sidoarjo juga melakukan kegiatan sosial dengan membagi 3.000 bungkus beras ke warga terdampak Covid-19. (rin)