Lamongan,(bisnissurabaya.com) – Di tengah mewabahnya covid-19 di Kabupaten Lamongan, nelayan Pantura yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Tradisional Indonesia/HNTI, punya cara jitu mendapatkan hasil tangkapan. Salah satu caranya, dengan cara menebar rumpon berbahan karung plastik. Cara ini dirasa jitu untuk menarik perhatian ikan menepi dekat daratan.

Penegasan itu dikemukakan Kadis Perikanan Lamongan, Heru Widhi dan Ketua HNTI Lamongan, Zamhari, di Lamongan Minggu (12/4) kemarin.

Ia mengatakan, meski kondisi penjualan ikan sepi, sebagai dampak covid-19, nelayan Pantura Lamongan yang tergabung dalam HNTI ini, membuat gerakan tebar rumpon. Kegiatan ini difungsikan untuk menarik perhatian ikan laut menepi dekat daratan. Sehingga, memudahkan nelayan tangkap tradisional mencari ikan.

Rumpon berbahan karung plastik, atau sak yang dipotong-potong sesuai ukuran ini, disiapkan nelayan, karung plastik yang terpotong rapi ini dirangkai hingga panjang delapan meter. Rumpon-rumpon tersebut akan ditebar di pinggiran laut sejauh dua mil dari daratan.

Dengan menggunakan perahu tradisional, rombongan nelayan dan dinas perikanan Kabupaten Lamongan menunju tepian laut dengan jarak dua mil dari bibir daratan. Jarak yang ditempuh memang tidak perlu jauh. Sehingga, memudahkan nelayan menangkap kelompok ikan yang berada di sekitar rumpon yang ditebar nanti.

Rencananya, ada 500 rumpon yang akan ditebar selama setahun ini. Adapun titik penebaran rumpon akan dibagi sesuai dengan jarak dan potensi jumlah ikan yang berkumpul.

Tebar rumpon akan membantu nelayan tradisional yang berada di Pantura Lamongan. Apalagi, dengan kondisi lock down seperti saat ini, kegiatan membuat rumpon menjadi alternativ bagi nelayan Pantura untuk mengisi kegiatan positiv. Dengan rumpon dimasa mendatang akan membantu nelayan menambah hasil tangkapan ikannya.

Rumpon-rumpon yang sudah dibawa dari daratan ini ditebar di laut. Jarak penebaran rumpon juga harus diatur. Selain itu, letak dan posisi rumpon dipasang GPS. Sehingga memudahkan nelayan mencari posisi rumpon.

Didalam lautan, rumpon merupakan tempat yang digemari ikan untuk berkumpul. Karena rumpon buatan ini seperti terumbu karang hidup, atau rumput laut yang disukai ikan laut sebagai tempat berkumpul.
(bashoir/stv)