Tuban, (bisnissurabaya.com) – Minimnya Alat Pelindung Diri/APD bagi tim medis yang menangani pasien covid 19 membuat pemuda asal Kabupaten Bojonegoro, rela membuat alat berupa face protection atau pelindung mata buatannya sendiri. Hal ini dilakukan untuk membantu tim medis dalam menangani pasien covid 19 di Bojonegoro dan sekitarnya. Inilah Imam Bagaskara (23) warga Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur yang membuat alat pelindung diri/APD berupa pelindung mata di rumahnya sendiri.

Sebelum membuat APD, sebelumya ia mendisain dari laptopnya yang kemudian dicetak dengan alat printing tiga dimensi yang dimilikinya. Kegiatan remaja lulusan institut surabaya ini sudah dilakukan sekitar seminggu terakhir. Ia secara mandiri membuat apd berupa face protection yang nantinya akan diberikan kepada tim medis yang saat ini sangat membutuhkan untuk menangani pasien virus corona di Kabupaten Bojonegoro. Dalam seminggu terakhir sudah membuat ratusan face protection yang sudah diberikan di dua rumah sakit.

Yakni Rumah Sakit Umum Sosodoro Djatikusuma dan RS Aisyah Bojonegoro. Namun akhir – akhir ini pihak puskesmas sebagai tempat pertama warga memeriksakan kesehatannya juga banyak yang minta alat yang dibuat pemuda ini. Namun, minimnya modal menjadi kendala tersendiri baginya. Apa yang dilakukan pemuda ini kini banyak diapresiasi warga.

Bahkan, beberapa komunitas kini ikut menyumbang sebagai modal dalam pembuatan apd face protection. Ia berharap, apa yang dilakukanya bisa bermanfaat dan dapat membantu petugas medis dalam menangani penyebaran covid 19 di Kabupaten Bojonegoro. Dari data, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro hingga kini sebanyak 50 orang ditetapkan sebagai orang dalam pemantauan atau odp penyebaran covid 19 di Kabupaten Bojonegoro. (mulyanto/stv)