Surabaya, (bisnissurabaya.com) -Virus Covid 19 atau yang dikenal dengan corona sudah merebak di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Surabaya. Wabah ini sangat meresahkan warga, karena dampak yang ditimbulkannya. Mulai kesehatan, ekonomi, sosial, juga pendidikan.

Duduk diam berpangku tangan, apalagi hanya meratapi nasib akibat musibah virus corona yang berkepanjangan, tentu bukan pilihan yang bijak. Berpijak dari hal tersebut, serta didorong semangat untuk keluar dari kondisi ini, Pengurus Karang Taruna Kecamatan Genteng Kota Surabaya yang diketuai oleh Mochammad Basir, mengambil inisiatif untuk menghimpun potensi masyarakat untuk melakukan gerakan melawan corona.

Seperti, Sabtu (4/4) pasukan koalisi lawan corona yang terdiri 45 orang dari Karang Taruna Kecamatan Genteng, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Surabaya, Relawan Gerpik, Gerakan Pemuda (GP) Ansor berkumpul di depan Balai PKK RT 07 RW XIII Keputran Panjunan Kelurahan Embong Kaliasin. Selanjutnya pasukan yang sudah siap dengan alat semprot disinfektan dan alat pelindung diri (APD) dibagi menjadi 4 tim untuk disebar di 12 RT yang ada.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Ketua RW dan Ketua RT. Selanjutnya mereka yang akan memandu teman teman relawan menyemprot disinfektan di wilayahnya,” kata Ketua Karang Taruna Kecamatan Genteng, Moch Basir, kepada bisnissurabaya.com belum lama ini.

Wilayah RW XIII Keputran Panjunan, yang menjadi lokasi penyemprotan disinfektan merupakan pemukiman padat penduduk yang berada di tengah kota. Karena itu dengan penyemprotan yang dilakukan secara merata, diharapkan dapat mengurangi dan menghambat penyebaran virus corona di daerah tersebut.

“Menurut laporan teman Tagana, karena padatnya rumah untuk menyemprot di satu RT saja, mereka harus mengisi ulang alat semprot sampai 5 kali,” jelas laki-laki yang juga menjabat sebagai Ketua RT ini.

Sambutan antusias diberikan oleh warga saat mereka mengetahui rumahnya disemprot dengan cairan pencegah corona. Bahkan banyak warga yang meminta agar bagian dalam rumahnya juga disemprot relawan.

Kegiatan penyemprotan disinfektan ini merupakan rangkaian bakti sosial yang digelar Karang Taruna Kecamatan Genteng. Seminggu sebelumnya mereka menggelar pembagian ratusan nasi bungkus, dan dalam waktu dekat juga akan melakukan kegiatan pembagian sembako bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Alhamdulillah, banyak donatur yang tergerak untuk bersama-sama dengan kami meringankan beban warga terdampak virus corona,” pungkas aktifis Anshor ini. (nanang)