Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Meningkatnya jumlah pasien covid-19 dengan angka kematian yang masih tinggi, beberapa wilayah terapkan lock down, karantina mandiri. Seperti di Kelurahan Pucang Sewu Kecamatan Gubeng Surabaya. Ada sembilan gang di rw 07, yang terpaksa di portal, dan hanya membuka satu akses jalan keluar masuk, untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19.

Keputusan karantina mandiri di wilayah khususnya Surabaya, sudah banyak yang menerapkan, untuk menghindari atau memutus rantai penyebaran covid-19. seperti di Rw 07 Kelurahan Pucang Sewu Kec Gubeng, yang sudah empat hari ini, menutup 9 dari 10 gang yang masuk wilayahnya.

Kawasan yang biasa ramai tersebut, kini nampak sepi. Hanya beberapa orang, beraktifitas di dalam rumah. Meski di wilayahnya belum ada orang yang terpapar virus covid-19, Sujarwo, ketua Rw 07, menjelaskan jika keputusan mengkarantina wilayah secara mandiri ini, sudah dikordinasikan dengan pengurus RT/Rw setempat, berdasarkan himbauan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Selain lock down, karantina wilayah, Rw 07 sudah beberapa kali melakukan penyemprotan disinfektan terhadap wilayahnya, agar terhindar dari penyebaran virus covid-19. (irwanda/stv)