Sidoarjo,(bisnissurabaya.com) – Meski pemilihan kepala daerah serentak tak jelas, akibat wabah corona, bukan berarti partai diam saja. Paling tidak, DPD Partai Golkar Sidoarjo secara resmi menyerahkan surat rekom sementara kepada Bambang Haryo Soekartono (BHS) sebagai Bakal Calon Bupati Sidorjo. Dalam surat tersebut BHS ditugaskan untuk mencari wakilnya yang akan digandeng untuk maju dalam pilkada 2020.

Ketua DPD Partai Golkar Sidoarjo, Warih Andono, menjelaskan surat rekomendasi sementara ini langsung dari DPP Golkar untuk seluruh kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pilkada di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Sidoarjo.

“Dengan surat ini, BHS ditugaskan untuk mencari wakil dan membangun koalisi dengan partai lain. Artinya Partai Golkar serius mengusung BHS,” kata Warih Andono, di Sidoarjo, Senin (30/3).

Warih menyebutkan nama-nama yang sudah diusulkan untuk mendampingi BHS. Diantaranya, Bahrul Amiq Kepala Dishub Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali putra Gus Ali, Nur Ahmad Syaifuddin Plt. Bupati Sidoarjo dan dirinya sendiri.

“Calon wakil yang akan digandeng BHS harus memiliki visi-misi yang sama serta juga berkomitmen untuk membesarkan golkar,” jelas warih. Sementara, BHS menjelaskan kriteria yang akan digandeng dalam pilkada di Sidoarjo harus memiliki elektabiltas yang tinggi atau yang dikehendaki publik. Untuk nama-nama yang akan diusung pihaknya sudah mengantongi dua nama.

“Untuk saat ini sudah mengerucut dua nama dan dalam pertengahan April akan disampaikan ke publik,” ujar BHS. Setelah diminta menjelaskan dua nama yang akan digandeng, BHS tidak mau menyebutkan. Namun, pihaknya membenarkan salah satu nama yang akan dipilih seperti yang sudah disampaikan Warih Andono.

“Saya pikir ada diantara yang disebut pak warih, tapi yang utama juga direkomendasi dari partai koalisi,” ungkapnya. Bagaimana dengan rekom dari Partai Gerindra? sampai saat ini BHS masih optimis. Bahkan menurutnya hanya dipersyaratkan untuk mencari dan menunjuk wakil. “Saya kira masih baik dan saya hanya di persyaratkan untuk segera menunjuk wakil,” ulasnya. (bw)