Jakarta, (bisnissurabaya.com) – Operator telekomunikasi terus berinovasi. Karena itu, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan PT Nutrifood Indonesia (Nutrifood) menjalin kerjasama untuk menerapkan solusi digital Smart Building berbasis layanan internet di kantor pusat Nutrifood di Jakarta. Melalui proyek ini, Nutrifood akan menjadi perusahaan pertama yang menggunakan solusi digital Smart Building dari XL Business Solutions.

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto, mengatakan, solusi digital berbasis layanan internet saat ini semakin dibutuhkan dan diminati oleh kalangan pebisnis untuk mempercepat pertumbuhan bisnis mereka selaras dengan kesiapan untuk mendukung Indonesia menyongsong era revolusi industri 4.0. Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah untuk penghematan energi dan serta mendukung program smart building di lebih banyak gedung di Indonesia.

XL menyediakan solusi layanan internet cepat dan juga aplikasi dengan standard tinggi (telco grade) dan dengan world class expertise yang didukung penuh oleh Axiata Group. Solusi digital smart building ini bertujuan meningkatkan berbagai aspek efisiensi pada gedung, yang meliputi sisi energi, keamanan, akses, pencahayaan, komunikasi, hingga pada fasilitas manajemen pengunjung, ruang, loker, limbah, digital signage, dan lain-lain.
Secara umum, melalui solusi Smart Building dari XL Axiata ini, Nutrifood akan mendapatkan manfaat berupa efisiensi energi dalam penggunaan penyejuk ruangan (AC) baik pada konsumsi daya, biaya pemeliharaan, termasuk juga pada sisi AC sebagai asset.

Kondisi ruangan yang ideal akan membuat properti, furnitur, dan perangkat elektornik menjadi lebih awet. Bagi karyawan, ruangan kerja akan menjadi lebih nyaman, yang kemudian akan mendorong produktivitas. Sistem pengaturan udara ruangan yang baik juga akan menjadi kesehatan karyawan selama bekerja. (bw)