Surabaya, (bisnissurabaya.com) Hand sanitizer serta masker saat ini langka di pasaran. Warga kesulitan mencari dua produk tersebut. Dengan kondisi seperti ini, Pemerintah Kota Surabaya berinisiatif memproduksi sendiri hand sanitizer yang sesuai dengan standart WHO.

Tak hanya masker yang mengalami kelangkaan, saat ini, hand sanitizer juga sulit didapat masyarakat. Dengan kondisi seperti ini, membuat Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kesehatan memproduksi sendiri hand sanitizer.

Namun, pembuatan hand sanitizer ini tak asal membuat. Tetapi, harus sesuai dengan standart kesehatan yang telah dikeluarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pembuatan hand sanitizer produk Pemerintah Kota Surabaya ini, terdiri dari, alkohol, hidrogen peroxide (H2O2), gliserol dan aquades.

Saat ini proses pembuatan hand sanitizer ini sebanyak 510 liter. Dan pada hari ini akan membuat hand sanitizer lebih banyak, karena banyak yang membutuhkan.

Sementara itu, Pemerintah Kota Surabaya juga melarang untuk membuat hand sanitizer sendiri tanpa dilakukan pengawasan terhadap bahan-bahan yang digunakan. (irwanda/stv)