Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Sekelompok pelajar SMA ciptakan inovasi sabun pembersih tangan. inovasi ini diciptakan setelah mereka melakukan riset dalam Karya Ilmiah remaja, yang bertujuan untuk mengantisipasi menangkal penularan virus corona dengan cuci tangan.

Inilah tangan kreatif dari Siswa SMA. Upaya ini sebagai cara antisipasi dalam menangkal penularan virus corona. Puluhan pelajar SMA di Sidoarjo menciptakan inovasi alat pembersih badan. Diantaranya, sabun pembersih tangan. Sabun ini berbeda dengan sabun yang ada di pasaran pada umumnya, yang banyak mengandung zat kimia. Lantaran sabun cuci tangan buatan sekelompok Siswa SMA ini berasal dari bahan alami. Diantaranya, jeruk nipis, lidah buaya, daun pandan dan belimbing wuluh.

Cara membuatnya pun cukup mudah dan sederhana. langkah pertama seluruh bahan-bahan alami untuk sabun ini dibersihkan dan diambil dagingnya. Setelah itu, diblender menjadi satu hingga mencair dan ditambahkan texapon atau bahan sabun secukupnya. Usai blender mencair, bahan-bahan tersebut ditiriskan dan ditambahi bahan pelengkap sabun lainnya, serta diaduk hingga merata, sampai sabun cuci tangan cair ini siap digunakan.

Para Siswa ini sengaja membuat sabun cuci tangan alami, bertujuan untuk mencegah peredaran virus corona yang semakin meresahkan masyarakat.

Rencananya, sabun cuci tangan buatan sekelompok Siswa SMA yang tergabung dalam ekstrakurikuler, Karya Ilmiah remaja ini, akan di produksi secara massal. Dengan begitu dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, di saat hand sanitizer maupun pembersih tangan banyak dicari masyarakat. (agung/stv)