Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Terus mengoptimalkan berbagai pelayanan publik yang ada di Kota Pahlawan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menghimbau masyarakat agar memanfaatkan layanan berbasis online. Selain menghemat beaya dan waktu tempuh dari rumah menuju lokasi pengurusan, langkah ini juga dapat meminimalisir kontak atau hubungan langsung untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau COVID-19.

Berbagai optimalisasi pelayanan yang dilakukan Pemkot Surabaya ini diantaranya, layanan perpajakan, perizinan, administrasi kependudukan (adminduk), hingga kesehatan. Untuk itu, Pemkot Surabaya mengimbau masyarakat agar memanfaatkan berbagai layanan yang telah tersedia tersebut.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) Kota Surabaya Yusron Sumartono mengatakan, sebenarnya layanan perpajakan daerah sudah tersedia melalui online sistem. Bahkan, layanan berbasis online tersebut juga sudah dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Masyarakat sebenarnya tidak perlu datang ke kantor kami, sebab layanan perpajakan bisa diakses melalui website atau SSW (Surabaya Single Window). Apalagi dalam kondisi saat ini semua sekolah diliburkan dan masyarakat juga diimbau agar tidak bepergian,” kata Yusron, di Surabaya, Senin (16/3).

Yusron menjelaskan, setidaknya ada sembilan jenis layanan pajak yang bisa diakses secara online. Yakni, pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, Penerangan Jalan (PPJ), parkir, air dan tanah, PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) serta Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

“Terkait layanan perpajakan ini, sejak beberapa waktu lalu sebenarnya sudah kami fasilitasi secara online. Bahkan, kami juga memberikan fasilitas bagi wajib pajak melalui aplikasi android,” jelasnya.

Bahkan, lanjut Yusron, untuk mempermudah masyarakat dalam proses transaksi pembayaran, BPKPD juga menyediakan fasilitas pembayaran secara online. Dengan begitu, masyarakat tak harus datang ke bank. Transaksi pembayaran ini bisa dilakukan melalui sms banking, mobile banking system, internet banking, hingga ATM banking.

“Layanan maupun transaksi pembayaran bisa melalui online. Dalam hal ini kami hanya ingin mengigatkan dan menegaskan kembali, bahwa sebetulnya ini bisa dilakukan tanpa harus ke kantor kami,” imbuhnya.

Tak hanya menyediakan layanan perpajakan berbasis online. Namun, Pemkot Surabaya sebenarnya beberapa waktu lalu telah menyediakan fasilitas layanan perizinan yang bisa diakses melalui rumah secara online.(ton)