Lamongan, (bisnissurabaya.com) – Sebuah desa di Lamongan, membangun satu wastafel di setiap rumah. Langkah tersebut disambut gembira warganya. Pasalnya, kehadiran wastafel tersebut, menjadi salah satu solusi mencegah penyebaran virus corona covid-19 yang menjadi pendemi mematikan di dunia sekaligus warga bisa membiasakan hidup bersih dan sehat. Adalah Desa Mungli, Kecamatan Kali Tengah Kabupaten Lamongan yang menyediakan satu wastafel satu rumah.

Pihak desa setempat, wastafel sengaja dipasang persis di depan rumah, agar warga terbiasa mencuci tangan, kaki dan wajah. Baik saat pergi maupun pulang beraktivitas. Sejak virus corona covid-19 dari Tiongkok menyebar ke sejumlah negara, dan kini menadi pendemi mematikan di dunia. Warga semakin resah dan takut. Namun, dengan kehadiran wastafel di setiap rumah, resah takut warga terobati.
Bidan dan perangkat desa setempat jemput bola menggelar sosialisasi keliling gang, sambil memasang stiker himbauan hidup sehat dan bersih, terutama membudayakan cuci tangan dan kaki. Tak hanya pasang stiker sosialisasi dibadukan penyangga wastafel. Namun, bidan juga mengajarkan mencuci tangan dan kaki yang benar.

Menurut sutrisno Kepala Desa Mungli, sebenarnya satu wastafel satu rumah tersebut, dibangun beberapa bulan lalu. Keberadaaan wastafel tersebut bisa untuk mengantisipasi penyebaran penyebaran virus corona. Oleh karena itu, pihaknya penghimbau warga agar membiasakan hidup bersih dan sehat dengan cara mencuci kaki dan tangan setiap hari.
Satu wastafel satu rumah, di desa Mungli ada sebanyak 270 unit yang sudah terpasang, wastafel tersebut dibangun dari dana desa senilai sekitar Rp 150 juta. Dengan keberadaan satu wastafel di setiap rumah, pihak desa menghimbau warga menjaga diri selalu membudayakan hidup bersih dan sehat dengan cara mencuci tangan dan kaki yang benar, agar terhindar dari serangan virus corona, yang menewaskan hampir lima ribu orang. (bashoir/stv)