Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Bagi yang belum pernah memasuki kapal selam, mungkin akan terkagum-kagum bila suatu saat bisa masuk ke dalamnya. Sebetulnya, semua isi kapal selam sudah digambar dalam Monumen Kapal Selam, atau disingkat Monkasel di Jalan Pemuda Surabaya.

Monumen ini sebenarnya merupakan kapal selam KRI Pasopati 410, salah satu Armada Angkatan Laut/AL Republik Indonesia buatan Uni Soviet 1952. Kapal selam ini pernah dilibatkan dalam pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Irian Barat dari pendudukan Belanda.

 

Monkasel Surabaya memiliki fasilitas pendukung seperti video rama, musik live, kolam renang untuk anak-anak dan wisata air di Sungai Kalimas, tempat sovenir dan parkir. ” Di kompleks museum juga berdiri panggung yang luas untuk acara-acara khusus,” kata Dinda, salah satu pengunjung kepada bisnissurabaya.com di Surabaya Minggu (15/3) siang. Video ramah memutar film sinematik dan menampilkan sistem audio visual yang akan membawa imajinasi wisatawan bercampur dengan film tentang Kapal Selam KRI Pasopati 410 ketika sedang bertugas.

Wisatawan menikmati keindahan monumen kapal selam (foto/mega)

Beberapa ruangan KRI Pasopati 410 antara lain adalah ruang kebangkitan kapal, ruang Komandan, jembatan utama dan pusat komando, ruang dapur dan ruang makan, ruang mesin diesel, mesin listrik serta haluan torpedo. Masing-masing ruang menyetujui dengan pintu. Sebagian besar pintu ini memuat kecil, bentuknya bundar dan sangat rendah. (mega)