Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Pola hidup sehat merupakan kunci utama dalam menangkal penularan virus corona. Terlebih di Indonesia telah ada puluhan orang yang terinfeksi corona. Karena itu, pakar kesehatan masyarakat dari Universitas Airlangga terus menghimbau kepada masyarakat luas supaya menerapkan pola hidup sehat.

Fakultas Kesehatan masyarakat Universitas Airlangga Surabaya gencar sosialisasi kepada masyarakat maupun pelajar, terkait pencegahan penularan virus corona. Apalagi, saat ini penderitanya semakin banyak di berbagai negara. Bahkan, di Indonesia sendiri telah ada puluhan orang yang terinfeksi corona hingga ada yang meninggal dunia. Karena itu, masyarakat dihimbau supaya konsisten menerapkan pola hidup sehat.

Laura Navika, Dosen Fakultas Kesehatan masyarakat spesialis Epidimologi, Universitas Airlangga, mengatakan, untuk menghindari penularan virus corona, sebenarnya sangat sederhana. Yakni, cukup menerapkan pola hidup sehat. Diantaranya, rajin cuci tangan dengan sabun dan air yang mengali, setiap sebelum dan sesudah melakukan aktivitas makan dan sebagainnya. Selain itu, memakan makanan yang bergizi. Sehingga daya imunitas tubuh semakin baik dan virus akan sulit menyerang tubuh yang sehat.

Lebih lanjut Laura Navika, mengatakan, virus corona merupakan jenis virus baru yang mempunyai masa inkubasi selama 14 hari. Namun, jika penderita virus corona mempunyai daya imunitas tinggi, maka dihari ketujuh, virus ini akan mati. Sehingga, di hari ke-14, penderita sudah dapat dinyatakan sembuh. (agung/stv)