Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Penyebaran virus corona (covid-19), PT Pelindo III melakukan bersih-bersih massal di terminal penumpang oleh jajaran pegawai beserta unsur kemaritiman di Surabaya, Jumat (13/3).

VP Corporate Communication PT Pelindo III, Wilis Aji Wiranata, mengatakan, peserta melakukan kegiatan menggunakan peralatan lengkap seperti masker, sarung tangan dan disinfektan.
Petugas kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan,TNI-POLRI hingga sejumlah pegawai Pelindo menyisir terminal penumpang salah satunya Gapura Surya Nusantara yang memiliki resiko penularan virus Corona atau Covid-19.

“Tak hanya di Surabaya gerakan ini juga serempak dilakukan di teminal penumpang di masing- masing pelabuhan hingga seluruh kantor operasional di empat regional yaitu Jatim, Jateng, Kalimantan dan Bali-Nusra,” katanya.

Sementara Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III, Toto Heliyanto, mengungkapkan, gerakan bersih bersih serempak ini merupakan upaya menekan risiko penularan virus corona yang belakangan ini mulai meningkat di Indonesia.

“Sebagai operator pelabuhan kami merupakan salah satu pintu keluar dan masuk penumpang dari berbagai daerah. Harapannya langkah ini setidaknya bisa menekan penyebaran virus tersebut,” harapnya.

Gerakan bersih-bersih ini, dibantu Kantor Kesehatan Pelabuhan yang memiliki wewenang menyiagakan alat pendeteksi suhu badan atau thermal scanner di masing masing terminal penumpang,.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum, yang turut melakukan kegiatan mengatakan, pihaknya menyambut positif kegiatan tersebut, dan siap mendukung penuh dengan menugaskan anggotanya untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di sejumlah area vital.

“Kami merasa senang bisa berkontribusi, nanti kami akan menugaskan anggota, untuk rutin ikut kegiatan tersebut, karena kita sadar upaya menekan wabah virus corona ini harus dilakukan bersama-sama”. jelas Ganis Setyaningrum.

Untuk diketahui, Gapura Surya Nusantara merupakan salah satu terminal penumpang kapal laut modern yang dilengkapi dengan 2 unit garbarata, dan melayani 3,6 juta penumpang pada 2019.

Saat ini, pengelola pelabuhan, melakukan langkah preventif seperti pemeriksaan suhu tubuh pada seluruh pegawai sebelum melakukan aktivitas, juga mensiagakan petugas kesehatan untuk memberikan penanganan pertama sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) jika ditemukan suspect virus corona.

NTB dan Nusa Tenggara Timur, serta memiliki 23 anak perusahaan dan afiliasi. Pelindo III menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo III mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi negara dan masyarakat. (bw)