Blitar, (bisnissurabaya.com) – Untuk mencegah terjadinya kecelakaan, Satlantas Polres Blitar menyediakan bioskop edukasi, dengan konten awal terjadinya kecelakaan. Dengan menonton bioskop ini diharapkan, dapat mengedukasi masyarakat selalu taat dan disiplin saat berlalu-lintas.

Inilah bioskop edukasi yang disediakan Satuan Polisi Lalu-lintas Polres Blitar, bagi para pemohon SIM. Sebelum menerima Surat Ijin Mengemudi (SIM), pemohon diwajibkan nonton terlebih dahulu. Pemohon sim juga dijelaskan tentang keselamatan di Jalan Raya, oleh kapolres dan perwira nya.
Dalam bioskop edukasi tersebut, pemohon SIM dipertontonkan video kisah nyata tentang pengendara yang tidak taat dan disiplin berlalu-lintas. Akibatnya, kecelakaan di jalan raya tidak terhindarkan yang merenggut korban jiwa. Salah-satu pemohon SIM mengaku senang, dengan adanya Bioskop Edukasi ini. Ia menjadi semakin ngerti dan faham tentang tertib berlalu-lintas.

Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani, menegaskan, tujuan Bioskop Edukasi keselamatan ini, dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat, untuk selalu menggunakan alat keselamatan diri. Dan berlaku tertib di jalan-raya, untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Bioskop edukasi keselamatan milik Satlantas Polres Blitar ini, baru pertama kali di Indonesia. Diharapkan, dengan adanya bioskop edukasi keselamatan ini, dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan. (khoirul/stv)