Sidoarjo, (bisnissurabaya.com)
Menyebarnya virus corona di Indonesia membuat masyarakat di sejumlah daerah mewaspadahi virus tersebut dengan mengkonsumsi rempah-rempah. Bahkan produsen atau pembuat jamu serbuk yang memproduksi serbuk rempah-rempah laris manis diburu warga. Karena konsumsi jamu dinilai efektif menangkal virus ke dalam paru-paru.

Rempah-rempah ini diantaranya temulawak, kunyit, dan jahe secang. Varian jamu serbuk ini dibuat Siti Harnanik, warga Sidoarjo, yang mengemas jamu kedalam bentuk bungkusan seberat 200 gram. Sehingga dapat bertahan sampai setahun dan aman bagi kesehatan. Jamu serbuk buatannya ini mulai diburu warga sesaat setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan ada dua WNI terjangkit virus corona. Bahkan, jamu serbuk buatannya mengalami peningkatan penjualan sebanyak empat kali lipat. Jika hari-hari biasa, ia memproduksi sebanyak lima kilogram rempah-rempah. Namun sejak beredarnya virus corona, dalam sehari mampu memproduksi 20 kilogram.
Sementara itu, Ipung, satu diantara pembeli menyatakan jika dengan mengkonsumsi jamu serbuk jahe, badannya terasa hangat dan bugar. Dirinya menilai, dengan meminum jahe sehari tiga kali, dapat melindungi kesehatan tubuh dari ancaman virus corona.

Minuman rempah- rempah, diantaranya jahe secang, temulawak dan kunyit, saat ini banyak diburu oleh warga, lantaran dinilai sangat efektif menangkal virus corona. (agung/stv)