Magelang, (bisnissurabaya.com) – Candi Borobudur merupakan destinasi favorit wisatawan. Baik lokal maupun mancanegara. Area ini merupakan candi peninggalan Buddha terbesar di dunia. Dibangun pada masa Dinasti Sailendra antara 780-840 Masehi ini menjadi salah satu ikon pariwisata Indonesia.

Wisata Candi Borobudur tak pernah sepi pengunjung. Di wisata candi ini, wisatawan dibawa untuk melihat kemegahan Candi yang berada di Kabupaten Magelang ini. Wisata Candi Borobudur juga menyimpan makna filosofis tentang kehidupan.

Selain kemegahan candi, para wisatawan juga bisa mengunjungi tempat-tempat menarik yang berada tidak jauh dari lokasi. Tempat ini seperti museum, perbukitan, hingga pasar. Tak jauh dari wisata, penikmat wisata juga bisa menemukan dua candi peninggalan Buddha. Yaitu, Candi Mendut dan Candi Pawon. Ketiga candi ini membentuk rute untuk Festival Hari Waisak yag digelar tiap tahun saat bulan purnama pada April atau Mei.

Di obyek wisata ini terdapat dua museum yaitu Museum Samudera Raksa dan Museum Karmawibhangga. Museum Samudera Raksa berisi berbagai koleksi dan informasi mengenai sejarah perdagangan Asia – Afrika pada zaman dahulu. Sedangkan Museum Karmawibhangga berisi informasi mengenai pembangunan Candi Borobudur. (mega)