Gresik, (bisnissurabaya.com) – Warga Desa Yosowilangun, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, panen jenis tanaman empon-empon yang dipercaya bisa mencegah virus Corona, covid 19. Dipanennya tanaman yang sudah ditanam sejak 2 tahun yang lalu ini, lantaran tumbuhan ini jenis empon-empon yang mulai sulit dicari, dan harganya merangkak naik.

Beginilah suasana panen tanaman empon-empon, yang dipercaya dapat mencegah virus Corona, covid 19, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Bertempat di Desa Yosowilangun, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, warga bersama-sama, pihak desa, dan Puskesmas memanen tanaman empon-empon, yang ditanam warga secara swadaya, pada lahan milik Desa yang diberi nama Oemah Toga Bercahaya, seluas 20 x 50 meter, sejak dua tahun yang lalu.

Diawali dengan doa bersama, warga yang sudah menyiapkan perlengkapan memanen, langsung memilih tanaman empon yang memang siap dipanen. Beberapa jenis tanaman empon-empon yang bisa dipanen antara lain, temulawak, jahe, jahe merah, kunyit, sereh, dan berbagai jenis tanaman obat lainnya.
Kepala Desa Yosowilangun, Iriana Yudhaningsih, mengatakan, panen raya ini dilakukan untuk mengambil manfaat dari berbagai macam jenis tanaman empon empon yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh, serta dipercaya dapat mencegah virus Corona covid 19.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Yosowilangun mengatakan, ada 90 jenis tanaman obat yang ada di tempat ini, dan beberapa diantaranya termasuk jenis tanaman empon-empon yang dipercaya dapat mencegah virus Corona, covid 19. Selain itu, warga di Desa Yosowilangun juga menerapkan gaya hidup bersih serta membiasakan cuci tangan setelah beraktivitas, dan terbukti di setiap depan rumah warga, ada tempat cuci tangan, lengkap dengan sabun cair.

Usai melakukan panen raya, tanaman empon-empon, warga kemudian membersihkan bagian tanaman agar tanaman yang telah dipanen bisa dikonsumsi bersama-sama. Warga gresik dihimbau tidak perlu cemas, dan khawatir. Karena hingga kini Gresik bebas dari virus covid-19 yang menewaskan lebih dari tiga ribu orang tersebut. Masyarakat diharap meningkatkan budaya hidup bersih dan sehat, rajin berolahraga, serta cuci tangan sebelum makan, agar terhindar dari virus Corona. (bashoir/stv)