Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Tingginya angka pengangguran di Surabaya yang mencapai 5,99 membuat banyak kalangan prihatin. Diantaranya, Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB). Sejak 2015 lembaga ini bersama Hongkong Shanghai Banking Coorporate (HSBC) membekali 500 anak di Surabaya melalui program Anak Bangsa Siap Berkarya (ABSB) yang memiliki 2 konsentrasi. Yaitu, Ready to Work ( pelatihan siap kerja) dan Ready to Business.

Program ABSB telah berjalan 5 tahun dan dilaksanakan di lima kota besar di Indonesia. Yaitu, Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Setelah melalui berbagai tahapan sebanyak 70 anak dari 1.076 peserta lolos kebabak penentuan yang dilaksanakan di Hotel Grand Dafam Surabaya. “Secara umum, tujuan kegiatan ini mendampingi siswa dalam membuat tujuan hidup,” kata Project Manager YCAB Foundation, Dewi Larasati, kepada bisnissurabaya.com Sabtu (7/3).

Setelah menjalani kriteria penilaian kategori business yang meliputi personaliti, produk, perhitungan, penjualan, dan presentasi, didapatkan lima pemenang. Yaitu, Pawon Kana, Getuk Pedes, Pentol Pak Karyanto, Macaroni SMK Yesta.
Sedangkan kategori Work dimenangkan Ariyani Dwi Nur Hanisah, Anggelina Eka Putri, Laurel Yofy, dan Putri Aprilia. “Saya merasa senang bisa memenangkan acara ini, tapi yang lebih penting aku merasa didampingi dalam menentukan tujuan hidup saya,” kata Ariyani Dwi Nur Hanisah. (nanang)