Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Menjaga lingkungan harus terus digalakkan semua pihak. Salah satunya, yang dilaksanakan Polresta Sidoarjo, Kodim 0816, sejumlah instansi terkait dan para pelajar di Sidoarjo. Mereka menanam 25.000 rumput vetiver (akar wangi) di kawasan Tanggul Sungai Brantas Porong, Sidoarjo, Jumat (6/3).

“Kami bersama-sama menanam 25.000 rumput vetiver. Jumlah ini akan terus bertambah karena penanaman bersama itu masih berlanjut,” kata Kapolresta Sidoarjo, Kombespol Sumardji Jumat (6/3).

Dalam program menanam massal ini, lanjut Sumardji, merupakan hasil sinergitas Polresta Sidoarjo serta Polsek jajaran dan jajaran TNI di wilayah Sidoarjo. Selain itu, didukung Brimob, Pengurus Bhayangkari Cabang Kota Sidoarjo, Pemkab Sidoarjo, Dinas Perhubungan, DLHK, Satpol PP, Linmas, Pramuka, organisasi masyarakat lain, dan pelajar.

Penanaman rumput vetiver di Tanggul Sungai Brantas Porong, Sidoarjo ini ditandai dengan penanaman bersama Kapolresta Sidoarjo, Dandim 0816 Sidoarjo, Dan Arhanudse 8, Wakapolresta Sidoarjo, pejabat utama dan Kapolsek jajaran Polres Sidoarjo, Ketua Bhayangkari Cabang Kota Sidoarjo beserta pengurus, serta diikuti anggota dari TNI-Polri juga instansi terkait lainnya.

“Penanaman ini tidak hanya berlangsung hari ini, tapi masih terus berlanjut. Mengingat pentingnya manfaat dari rumput vetiver akar wangi ini. Daunnya bisa digunakan makan ternak dan akarnya kuatnya bisa digunakan obat herbal,” katanya.

Mantan Manager Bhayangkara FC ini, mengatakan, penanaman rumput vetiver akar wangi ini bertujuan sebagai upaya pelestarian lingkungan.

“Karena rumput vetiver sangat bermanfaat untuk pencegahan longsor di kawasan Tanggul Sungai Brantas Porong,” urainya.
Sementara, Dandim 0816 Sidoarjo, Letkol Inf M Iswan Nusi, menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan ini.

“TNI mendukung penuh dan turun langsung setiap ada kegiatan pelestarian lingkungan. Salah satunya pada kegiatan penanaman rumput vetiver di tanggul Sungai Brantas Porong ini,” tutupnya. (rino )