Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sidoarjo pada 19 April, diharapkan para calon dan pendukungnya mengedepankan kerukunan dan persaudaraan. Hal ini seperti disampaikan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji, saat cangkrukan di Kantor Kecamatan Krian, Kamis (5/3) malam, bersama Dandim 0816 Sidoarjo, Forkopimka Krian, kepala desa dan calon kepala desa, serta tokoh agama dan masyarakat Krian.

“Menang kalah dalam kontestasi Pilkades jangan dijadikan persoalan. Junjung tinggi kerukunan dan persaudaraan,” kata Kombes Pol Sumardji.

Menurut dia, dengan sikap seduluran, menjadikan suasana pelaksanaan Pilkades di wilayah kita aman, damai dan kondusif. Serta mantan Ps Wadir Polairud Polda Metro Jaya tersebut meminta para calon kades jangan ada yang bermain uang atau beredarnya botoh. Karena Satgas Botoh Polresta Sidoarjo siap menindak tegas.

Selain itu, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji, pesan kepada siapa pun yang terpilih dalam gelaran Pilkades di lima desa Kecamatan Krian, dapat amanah dalam penggunaan dana desa yang peruntukannya guna pengembangan desa dan masyarakatnya. “Jangan sampai ada penyalahgunaan dana desa, karena dana tersebut pertanggung jawabannya harus jelas,” tegasnya.

Sedangkan Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf M Iswan Nusi, menyatakan, siap membantu Polresta Sidoarjo serta jajarannya dalam mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak nanti. “Sinergitas TNI-Polri di Kabupaten Sidoarjo yang begitu solid, harus ditopang dengan masyarakatnya yang juga mau bersama-sama menjaga keamanan, kedamaian dan kondusifitas kamtibmas,” ujarnya.

Harapan pelaksanaan Pilkades serentak di wilayah Kecamatan Krian, juga diutarakan Camat Krian Agus Maulidi. Ia mengajak para calon kades dan masyarakat untuk berkomitmen menjaga persaudaraan dan kedamaian mulai saat ini sampai rampungnya berbagai tahapan Pilkades nanti. (rin)