Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Ada nasehat berharga dari seorang motivator nasional. Yakni, dalam bekerja diperlukan kerjasama tim yang baik untuk memenuhi target yang ditetapkan. Dan jangan ada satu pun karyawan yang merasa superior.

Penegasan itu dikemukakan motivator nasional Dr Aqua Dwipayana, dalam sharing komunikasi dan motivasi yang diikuti sekitar 50 karyawan dari delapan departemen Hotel Pesonna Surabaya Kamis (5/3) pagi.

Sharing komunikasi ini mengambil thema “Mewujudkan Kebersamaan Agar Bekerja Lebih Efektif dan Efisien untuk Mencapai Kinerja yang Optimal”.
Menurut dia, bekerja di hotel intinya menjual pelayanan dengan hati. Karena itu, seorang karyawan harus percaya diri, menguasai/ahli dan kolaborasi antar departemen. Disamping itu, kata dia, sesama karyawan harus saling menghormati dan berbagi. Apalagi dengan tamu atau costumer hotel lainnya.

Dr Aqua Dwipayana (kanan) di dampingi GM Hotel Pesonq Surabaya (tengah). (Foto/ilyas)

“Bekerjalah dengan murah senyum. Baik dengan sesama teman kerja, apalagi dengan tamu. Dengan murah senyum dan layanan yang baik, tamu akan datang kembali,” ujar mantan wartawan senior ini.
Dan yang tak kalah pentingnya lagi, kekuatan dalam bekerja kuncinya ada pada komunikasi dan saling percaya. Jangan ada dusta diantara kita.

Sebab, menurut Aqua, 80 persen konflik yang ada tempat kerja atau perusahaan adalah kesalahan mis komunikasi. Bekerja itu harus memiliki tujuan yang sama. “Jadi, pada dasarnya kerja itu ibadah. Agar bahagia, sukses dan berpahala,” ujar doktor lulusan komunikasi Universitas Padjajaran/Unpad Bandung ini.
Sementara itu, General Manager/GM Hotel Pesonna Surabaya, Cucun Mansur, mengatakan, motivasi ini untuk menyemangati karyawan Hotel Pesonna Surabaya agar lebih menitikberatkan kerjasama tim dalam mencapai target. “Ini motivasi yang baik untuk karyawan hotel. Intinya, kunci utama dalam mencapai tujuan adalah komunikasi,” kata Cucun. (bw)