Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Tenaga medis berpotensi tertular Virus Corona. Termasuk dokter gigi. Karena merawat kesehatan mulut rawan terkena air liur pasien yang dinyatakan konfirm terkena covid-19. Hal itu, disampaikan Dokter Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran respirasi RSUD Dr Soetomo, Arief Bakhtiar, dalam temu Ilmiah Nasional dan Internasional, timnas ke-8 FKG Unair.

Menurut Arief, dokter gigi memiliki potensi besar terkena penyakit akibat virus corona covid-19,  ketika merawat kesehatan rongga mulut pasien covid-19. Sebab, penyakit virus corona tak hanya ditularkan melalui udara tetapi juga air liur.

Dokter gigi perlu mengkombinasi bentuk ruangan agar tidak menggunakan air conditioner, dan menggantinya dengan kipas angin.  Sebab, ruangan ber-Ac justru akan memerangkap kuman di satu ruangan.  Berbeda dengan kipas angin yang diarahkan pada satu titik, dapat meminimalisir penyebaran kuman.

Penyebaran Virus Corona bukan sekedar menggunakan hand sanitizer dan masker, namun juga berkaitan dengan pengolahan tata ruang tim medis. (feri/stv)