Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Dari 29 wasit tinju amatir di Jawa Timur/Jatim, dua diantaranya adalah perempuan. Mereka berhak menerima sertifikat setelah melalui proses uji sertifikasi wasit hakim tinju amatir oleh Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir Jatim yang diselenggarakan Desember 2019 lalu.
Ketua Harian Pengprov Pertina Jatim, Mikdon Henki Tanaem, menyatakan, saat ini Jatim telah memiliki wasit hakim dengan standar sertifikasi.
“Setelah menunggu bertahun-tahun, akhirnya pada kepemimpinan Ketum Pak Rahmat, telah memiliki SDM wasit hakim yang mumpuni. Kami menunggu momen ini sejak lama dan Alhamdulillah dipenghujung 2019, bisa terlaksana,” kata Nedy, sapaan akrab Ketua Harian Pertina Jatim ini.

Sertifikat wasit hakim diserahkan langsung Ketua Umum Pengprov Pertina Jatim, H Rahmat Muhajirin SH di Surabaya Minggu (1/3) siang. Rahmat, yang juga Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Gerindra ini berharap wasit hakim melaksanakan tugasnya secara profesional dan bermartabat sesuai kode etik yang berlaku.
“Wasit hakim Pertina Jatim harus memiliki integritas, akuntabilitas dan profesional dalam bekerja. Selain itu, diharapkan menjaga independensi dan martabat dalam setiap event kejuaraan, baik nasional maupun internasional,” kata Rahmat Muhajirin.

Yang menarik dari penyerahan sertifikat ini adalah, adanya peserta perempuan yang lolos uji sertifikasi sebagai wasit hakim tinju amatir. Diharapkan, wasit hakim tinju perempuan ini dapat mewarnai dan mengangkat citra dunia tinju amatir di Jawa Timur. (rino)