Surabaya, (bisnissurabaya.com) –  Selain menjadi kota sejarah, Surabaya menyimpan deretan kue khas. Apalagi menjadi jujugan wisata kuliner atau oleh – oleh bagi masyarakat dari luar kota. Nah, salah satunya adalah kue lapis legit pisang berlapis emas. Kue buatan gadis cantik asal Surabaya ini sangat lezat. Selain bentuknya unik karena berlapis emas, rasa coklatnya juga sangat menendang hingga meleleh di lidah.

Oleh – oleh lapis legit Surabaya, sudah tak asing bagi sebagian pengunjung luar kota pemburu kue khas daerah. Saat singgah ke Kota Pahlawan. Selain nikmat di lidah, kue yang satu ini juga menyimpan filosofi mendalam saat momen tertentu, bagi sebagian kelompok masyarakat yang mempercayainya.
Nah, terinspirasi dari banyaknya penggemar kue lapis legit ini, seorang juru masak Jane Green Tsabatania, membuat inovasi kue lapis legit sebagai camilan prestise. Tak hanya memodifikasi kue lapis legit, dengan tujuh varian rasa yang menggoda selera, Jane Green juga memadukan gold paper, atau lembaran emas.

Sehingga tampilan kue yang satu ini, membuat pemburu oleh – oleh seakan wajib mencobanya. Lapis legit kreasinya, diberi nama Banana Mini Roll Gold. Sesuai namanya, di dalam kudapan ini, menyimpan berbagai bahan yang berkualitas. Cara pembuatannya juga cukup mudah. Siapkan lembaran lapis legit Surabaya, gula, selai cokelat, dan kacang almond panggang serta pisang oven yang sudah dipadukan dengan parutan keju.

Jangan lupa, bahan utama modifikasi, adalah lembaran emas 24 karat. Langkah pertama, oleskan selai cokelat lumer kepermukaan lapis legit. Taburi dengan kacang almond panggang, dan taruh pisang oven keju di tengahnya. Setelah itu, gunakan anyaman yang biasa untuk menggulung sushi, sebagai penggulungnya agar bahan terbentuk lebih presisi. Setelah semua bahan terbentuk, barulah diberi lembaran emas edible gold yang tidak berbahaya bagi kesehatan. Taraaa… mini roll cake lapis emas pun siap disajikan.

Sang inovator, Jane Green sengaja memiliki ide ini untuk menggaet konsumen lapis legit, agar lebih meluas dan memanfaatkan momen dimana harga logam mulia emas, tinggi di pasaran. Sehingga kesan elegan pada lapisan emasnya membuat kreasi makanan ini, Cukup berbeda untuk pemburu oleh – oleh, bagi kerabat mereka.

Melalui kreasi tangannya, kudapan ini banyak diburu para muda mudi, sebagai menu sajian sarapan atau bercengkerama di waktu luang. Varian selai cokelat, dan sensasi crunci serta pisang oven parutnya yang lumer di lidah membuat lidah, tak berhenti bergoyang. Meski bahan yang digunakan alami, Banana Mini Roll Gold bisa awet.

Mulai dari tiga sampai tujuh hari. Satu buah kue, dibanderol dengan harga 48 ribu rupiah per potongnya. saat ini jane sudah mengirim pesanan oleh – oleh kue kreasinya ini. Tidak hanya di dalam negeri, tapi juga mancanegara. Seperti Eropa, Amerika dan beberapa negara di Asia. (feri/stv)