Bojonegoro, (bisnissurabaya.com) – Penundaan keberangkatan calon jamaah umroh ke Arab Saudi diharapkan tak membuat calon jamaah umroh panik. Pasalnya, calon jamaah yang sudah terdaftar akan tetap diberangkatkan. Hanya saja, keberangkatan jamaah umroh itu dengan catatan menunggu kebijakan baru dari Pemerintah kerajaan Arab Saudi.
Penundaan pemberangkatan jamaah umroh membuat calon jamaah panik.

Pasalnya, Pemerintah Arab Saudi hanya menunda karena dampak virus corona. Sehingga, calon jamaah umroh tak perlu panik dan akan tetap diberangkatkan. Hal itu dikemukakan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro, Muhammad Syamsuri, kepada biro Perjalanan dan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) untuk tidak memberangkatkan jamaah umroh terlebih dahulu sebelum ada keputusan baru dari Pemerintah Arab Saudi.

Selain untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, penghentian sementara itu, juga sebagai persiapan keberlangsungan penyelenggaraan haji bulan Juni – Agustus 2020 mendatang. Penundaan keberangkatan ini untuk kepentingan yang lebih besar bagi kesehatan jamaah agar tidak tertular penyebaran virus corona. (mulyanto/stv)