Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Terkait kebijakan pemerintah arab saudi yang menangguhkan sementara kedatangan jama’ah haji dari berbagai negara termasuk indonesia, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, minta masyarakat indonesia khususnya warga jatim menghormati dan menghargai keputusan tersebut.

Ditemui usai menjadi pembicara dalam seminar yang digelar disalah satu kampus swasta yang bernaung di nahdlatul ulama, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menilai Pemerintah Arab Saudi sudah mempertimbangkan secara matang saat mengeluarkan kebijakan tersebut, demi keamanan dan kenyamanan jamaah, khususnya dari segi kesehatan.

Menurut Khofifah, memproteksi jamaah dari ancaman virus corona sangat penting, sehingga Pemerintah Arab Saudi melakukan pertimbangan komprehensif, sebelum akhirnya menutup sementara akses pelaksanaan ibadah umrah. Sedangkan untuk travel yang terdampak, maupun yang mengalami kerugian besar, Khofifah menganjurkan supaya di komunikasikan dengan baik dengan Pemerintah Indonesia. diantaranya, terkait masa berlakunya visa calon jamaah umroh.

Khofifah, yakin calon jamaah umroh memahami penyetopan yang dilakukan arab saudi, dikarenakan virus corona masih mengancam, dan Arab Saudi menjadi tempat beribadah umat islam dari seluruh dunia. (agung/stv)