Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Membersihkan sampah untuk selamatkan bumi. Karena itu, untuk menjaga pantai Surabaya tetap bersih, maka dalam rangka Hari Sampah Nasional beberapa hari yang lalu, Seasoldier Surabaya bekerja sama dengan PT. Collaborative Excellence (Collexe), yaitu perusahaan Technology Consulting yang beroperasi di Singapore, Malaysia, dan Indonesia, mengadakan aksi bakti sosial Beach Clean Up (Aksi Bersih Pantai) di area pesisir Pantai Kenjeran serta pembagian asbak portable yang ramah lingkungan kepada pengunjung di Taman Suroboyo.

Acara bakti sosial bersih-bersih pantai dimulai pukul 08.00 sampai 13.00 WIB. Terlihat para peserta antusias memunguti sampah untuk dimasukkan dalam kantong sampah. Selain itu, ada beberapa relawan yang mengkhususkan diri memunguti jenis sampah puntung rokok untuk dimasukkan dalam botol plastik bekas wadah minuman air mineral. “Aksi ini dilakukan dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional yang jatuh pada 21 Februari,” kata Humas Seasoldier Surabaya, Rara, yang didampingi salah satu tim manajemen Collexe, Cindy Monica, kepada bisnissurabaya.com, belum lama ini.

Relawan saat memunguti sampah. (Foto/nanang)

Selain hal tersebut, kegiatan yang diikuti sekitar 100 orang peserta ini juga dilakukan untuk memberi edukasi kepada semua karyawan Collexe dan pengunjung Taman Suroboyo untuk lebih peduli kepada kebersihan lingkungan, khususnya tidak membuang puntung dan abu rokok sembarangan. Masyarakat sekitar pantai sangat antusias dengan kegiatan yang dilakukan Seasoldier dan Collexe ini. Hal ini terbukti dengan adanya fasilitasi balai RW untuk tempat koordinasi dan istirahat selama kegiatan berlangsung. (nanang)