Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Tim investigasi komisi pengawas persaingan usaha, selidiki penyebab kenaikan harga masker yang harganya melambung tinggi di pasaran. Investigasi ini dilakukan untuk mengetahui apakah benar dikarenakan murni dampak virus corona, atau ada unsur kesengajaan dari berbagai oknum untuk menaikkan harga dalam memanfaatkan kondisi.

Komisioner Komisi Oengawas Persaingan Usaha, Kodrat Wibowo, saat ditemui disalah satu kampus swasta Surabaya, menyatakan tim investigasi KPPU RI, telah melakukan pengamatan terkait penyebab kenaikan harga masker yang saat ini melambung tinggi di pasaran. Meski belum dalam tahap penyidikan resmi, namun, KPPU telah memantau dan meneliti hal tersebut. investigasi ini dilakukan untuk mengetahui apakah benar kenaikan harga masker dikarenakan murni dampak virus corona. Ataukah ada unsur kesengajaan dari berbagai oknum untuk menaikkan harga dan memonopoli pasar dalam memanfaatkan kondisi saat ini.

Diberitakan sebelumnya, hampir satu bulan lebih wabah virus corona yang berasal dari Wuhan Cina telah menggemparkan dunia. Sehingga masyarakat dihimbau untuk menggunakan masker untuk meminimalisir penularan virus corona. Hal ini, mengakibatkan kebutuhan masker melambung tinggi dan menyebabkan harga masker naik dua kali lipat. Namun, disisi lain, masyarakat kuatir kondisi ini dimanfaatkan segelintir oknum pengusaha masker dalam menaikkan harga dan memonopoli pasar. (agung/stv)