Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Edukasi kesehatan kepada masyarakat sangat diperlukan. Seiring dengan itu, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga/Unair mengadakan Dekan Cup FK UNAIR 2020 pada 23 Februari hingga 3 April. Program tahunan ini, dimaksudkan untuk mempererat civitas akademika FK UNAIR, Rumah Sakit Dr Soetomo serta Rumah sakit UNAIR melalui bidang sport dan non sport.

Tema tahun ini berbeda dengan dua tahun sebelumnya yang berbicara tentang “Mental Health” dan “Drug Abuse”. Tahun ini kami mengusung tema “Heart Disease” berlatar belakang dari tingginya kejadian penyakit ini di Indonesia,’’ kata Ketua Pelaksana Dekan Cup 2020, Reido Daffa Annafis, kepada bisnissurabaya.com, Kamis (20/2) kemarin.
Rangkaian acara AIRUN tidak berhenti pada perlombaan lari, tetapi berlanjut beberapa kegiatan di kampus FK Unair. Cek Kesehatan gratis bekerja sama dengan beberapa departemen Rumah Sakit Dr Soetomo, Varises Indonesia Clinic, serta Prodia. Pemeriksaan cek darah, paru dan varises.

Bukan hanya cek kesehatan, melainkan ada juga edukasi mengenai Basic Life Support (BLS) yang hendaknya perlu diketahui oleh semua kalangan masyarakat mengingat banyaknya kejadian penderita yang membutuhkan pertolongan pertama di sekitar kita. ‘’Sembari pengunjung melakukan cek kesehatan dan beristirahat, maka kami berikan hiburan penampilan band hingga Musical Dance untuk mencairkan suasana dan pastinya ada bazar makanan dan minuman yang tentunya siap mengisi perut semua pengunjung,’’ katanya. (bw)