Mojokerto, (bisnissurabaya.com) – Gunung Penanggungan menjadi salah satu destinasi wisata cukup menarik untuk dikunjungi. Lokasinya berada Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur/Jatim. Kawasan ini menawarkan pesona alam yang indah dan menakjubkan. Pandangan mata akan terasa betah dan nyaman saat menatap gunung ini. Pemandangan malam hari pun tak kalah mempesonanya.

Keindahannya yang mempesona menjadikan kawasan ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan. Apalagi saat liburan panjang. Gunung ini dapat menjadi area menarik bagi para petualang yang hobi mendaki gunung. Rasa lelah akan terobati oleh pemandangannya yang cukup indah. Sensasi lainnya adalah wisatawan bisa singgah ke berbagai candi peninggalan kerajaan.

Nama lain, dari Gunung Penanggungan adalah terkenal dengan sebutan Puncak Pawitra. Sebutan dari Pawitra sendiri mempunyai arti yang sangat bernilai sejarah bagi Gunung Penanggungan.

Dilereng dan daerah mendekati puncak khususnya wilayah Jolotundo, ditemukan 116 situs zaman purbakala. Berupa candi, prasasti, patung, dan barang sejarah lainnya yang bercorak Hindu Budha.

Jalur umum yang biasa dilewati pendaki adalah jalur Tretes. Jalan yang terbilang lumayan mudah, karena jalurnya tidak membingungkan. Dan jalur ini merupakan jalan yang biasa digunakan untuk kegiatan LDKS, pramuka, dan kegiatan outdoor lainnya.

“Jalur ini lebih mudah diakses,” ujar dimas, seorang pendaki. Tinggal mengikuti jalur setapaknya saja, pasti sampai ke puncak Penanggungan. Bagi pendaki awam dan berbadan gemuk, mungkin agak sulit dan butuh tenaga ekstra. (mega)