Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Melihat sejarah, tak hanya ada di film-film. Kini, Surabaya memiliki Tugu Pahlawan yang menyimpan sejuta koleksi lengkap macam-macam sejarah. Kota Surabaya rupanya menjadi primadona wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Wisata ini terletak di tengah Taman Kebonrojo. Di sini, pengunjung dapat menikmati aneka sajian makanan dan minuman tradisional khas Surabaya, Jawa Timur/Jatim. Sambil berwisata kuliner, dapat menyaksikan obyek koleksi pendukung lainnya. Seperti relief, dan patung.

Tugu Pahlawan merupakan salah satu tempat bersejarah sekaligus ikon dari Kota Surabaya. Bangunan ini memiliki tinggi 41 meter (45 yard), 10 lengkungan, dan 11 ruas pada tubuhnya. Angka tersebut bukan asal dipilih. Melambangkan tanggal 10 November 1945 (10/11/1945) atau saat peristiwa Pertempuran 10 November terjadi. Setiap harinya, banyak wisatawan berkunjung ke monumen ini. Selain untuk melihatnya secara langsung, tak lupa berfoto untuk mengabadikan momen mereka.

Wisatawan sedang menikmati Tugu Pahlawan. (Foto/mega)

Di Komplek Tugu Pahlawan ini juga terdapat koleksi dan patung-patung para pejuang kemerdekaan. Beberapa diantaranya adalah patung Bung Tomo beserta kolesi mobil yang digunakannya. Beberapa alat perang seperti meriam dan mobil perang juga terparkir rapi di samping lapangan.

Jalan-jalan ke Tugu Pahlawan di Surabaya adalah perjalanan yang berharga. “Pengunjung diajak untuk bisa menghargai jasa para pahlawan,” kata Dewi,salah satu pengunjung kepada bisnissurabaya.com, di Surabaya Kamis (13/2). Wisatawan juga bisa lebih mengetahui kegigihan para pahlawan untuk mempertahankan kemerdekaan negeri tercinta ini. (mega)