Surabaya,(bisnissurabaya.com) – Intensitas guyuran hujan lebat yang tinggi, beberapa hari ini terjadi di Surabaya. Membuat beberapa wilayah terjadi genangan air. Tidak normalnya aliran air ke saluran jadi tersumbat akibat kendala masih banyaknya warga mendirikan bangunan permanen di atas saluran air.

Camat Gubeng Suprayitno, mengatakan pada saat hujan lebat, daerahnya itu memang masih ada genangan. Setelah dicek beberapa salurannya ada yang buntu. “Nah, masalahnya banyak bangunan atau lantai permanen di atas saluran itu, sehingga Dinas PU Bina Marga dan Pematusan kesulitan untuk melakukan pengerukan,” kata dia.

Karena itu, ia meminta kepada warga untuk tidak membangun lantai atau pun bangunan permanen di atas saluran, supaya lebih gampang dikeruk dan tidak buntu. Sebaliknya, apabila hal ini tetap dilakukan, maka bukan tidak mungkin lingkungannya itu akan tergenang ketika turun hujan lebat.

“Nanti kami akan menggalakkan sosialisasi itu kepada warga dan kami akan ajak warga untuk terus giat kerja bakti, supaya lingkungan di sekitar ini tidak lagi tergenang,” ujarnya. (ton)