Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Kebun Binatang Surabaya (KBS) tetap jadi primadona. Terbukti, jumlah pengunjung tertinggi hingga 60.000 orang. Mayoritas berasal dari luar kota Surabaya. Meski demikian, pihak obyek wisata ini memiliki target pengunjung setiap hari mencapai 4.000 orang. Sedangkan weekend (Sabtu – Minggu) 15.000.

Seiring berjalannya waktu, fungsi KBS mulai berubah. Dulu, lokasi ini hanya digunakan untuk konservasi satwa eksotis (memiliki daya tarik khas). Tetapi, sekarang berkembang menjadi lembaga perlindungan, pelestarian, pendidikan, penelitian serta rekreasi. Fasilitas yang ada di KBS terbilang sangat lengkap. Mulai dari area parkir luas, mushola untuk beribadah, kantin dengan berbagai macam menu dan oleh-oleh khas Surabaya.

Saat wisatawan memasuki KBS, mereka disuguhi berbagai fasilitas spot foto. Tujuannya untuk mengabadikan kedatangannya. Tak hanya itu, wahana permainan di KBS juga lengkap. Misalnya, permainan anak hingga dewasa, wahana permainan air tersedia. “Wisata di KBS cocok menjadi tujuan menghabiskan liburan,” kata salah satu pengunjung Lia.

Salah satu fasilitas yang menarik setiap akhir pekan adalah breakfast with elephant. Wahana tersebut menawarkan satu paket yang harganya Rp 85.000 terdiri dari sarapan dengan menu khas Surabaya, berfoto bersama satwa pilihan, dan menunggang gajah. KBS juga menyiapkan shelter untuk istirahat atau berlindung yang sifatnya sementara. Guna terlindung dari faktor alam seperti terik matahari, tiupan angin ataupun hujan. (mega)