Sidoarjo, (bisnissurabaya.com)- Didesak warga tiap hari untuk mencalonkan Kepala Desa (Kades) menjadikan luluh hati  pria ini. Dialah Luqman Mualim, SH warga Desa Semampir Kecamatan Sedati, Sidoarjo. Dia dengan bulat akhirnya memutuskan untuk mencalonkan diri menjadi Kepala Desa (kades) Semampir.

Keputusan tersebut karena dorongan beberapa pihak. Terutama warga Desa Semampir sendiri.

“Saya tidak punya niat maju. Tapi hampir tiap hari warga ke rumah untuk meminta saya maju sebagai kades. Padahal saya adalah ketua panitia Pilkades Semampir,” katanya, di Sedati Minggu (2/2).

Dukungan dan dorongan dari warga Semampir tersebut yang membuat niatnya berubah. Dia lalu memutuskan mengundurkan diri sebagai ketua panitia Pilkades. “Bismillah demi kemajuan Desa Semampir saya memutuskan maju Pilkades,” terang suami Rusmawati ini.

Luqman mengatakan, ingin menjadikan Desa Semampir menjadi desa nomor satu di Kota Delta. Dengan kemajuan desa, warga akan menjadi makmur. Apalagi Desa Semampir berbatasan langsung dengan bandara Internasional Juanda. “Seharusnya bisa lebih maju dari yang sekarang,” paparnya.

Karena itu, tekadnya bersama warga, ustad, kiai, ulama, pemuda, tokoh masyarakat serta tokoh agama Desa Semampir bergotong royong memajukan desa. Sehingga, bisa menjadi desa metropolitan yang lebih baik lagi.

Ketua Lembaga Bantuan Hukum Wong Cilik ini mengungkapkan, banyak potensi yang bisa digali di Semampir. Selain itu banyak juga permasalahan yang harusnya bisa tertangani dengan cepat dan tepat. Misalnya, permasalahan sambungan PDAM dan banjir. “Padahal desa tetangga sudah ada PDAM. Namun di Semampir belum. Itu yang nanti kita akan cari solusi. Selain itu banjir juga masih jadi momok warga Semampir hingga sekarang,” jelasnya.

Dia juga ingin memaksimalkan TKD yang ada di Semampir. TKD sekitar 14 hektare tersebut diharapkan bisa berfungsi dengan baik. Di antaranya digunakan untuk gedung olahraga. Caranya dengan menggandeng investor. “Semoga nantinya bisa bermanfaat dan warga Desa Semampir bisa ter-openi,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Luqman Mualim juga mengadakan syukuran dan santunan di rumahnya terhadap 60 anak yatim dan duafa di Desa Semampir dan sekitarnya. Dia juga mengundang orkes gambus atau samroh Dakwatus Solihah untuk menghibur tamu undangan. (rin)