Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Operator telekomunikasi terus berinovasi. Karena itu, PT XL Axiata menghadirkan layanan berkualitas prima di seluruh wilayah layanannya, termasuk di Jawa Barat/Jabar, Jawa Tengah/Jateng, dan DI Yogyakarta. Pesatnya peningkatan trafik data dan berkembangnya pasar di ketiga area tersebut mendorong si-biru menyiapkan rencana strategis guna memenuhi segala ekspektasi pelanggan. Termasuk dalam rencana berlanjutnya perluasan jaringan data 4G, fiberisasi seluruh jaringan, juga peluncuran produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Regional Group Head Central Region XL Axiata, Rd Sofia Purbayanti, mengatakan, ditingkat regional, pihaknya berhadapan dengan kompetisi yang ketat dalam meyakinkan masyarakat pengguna layanan data. Pola dan trend penggunaan layanan data rata-rata terus meningkat disemua area dan nasional. Namun, di setiap area memiliki karakteristik pengguna yang khas.

Sebagian besar daerah di Jabar, Jateng, hingga DI Yogyakarta dengan trafik yang cukup tinggi, karakter pelanggan sangat mobile dan lebih membutuhkan kualitas jaringan yang prima. Penggunaan layanan data di area Central di Jabar, Jateng, dan DI Yogyakarta sampai saat ini terus mengalami peningkatan.

Tercatat beberapa area mencapai  peningkatan trafik penggunaan layanan data yang cukup signifikan. Antara lain, Kabupaten Boyolali di Jateng yang meningkat sekitar 70 persen, Kota Banjar Jabar meningkat 63 persen, dan Kabupaten Gunungkidul di DIY yang turut mengalami peningkatan sekitar 47 persen.

Khusus layanan data 4G, trafik meningkat sekitar 43 persen di ketiga provinsi tersebut. Sementara itu, laju peningkatan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah yang mencapai lebih dari 72 persen di periode setahun terakhir. (bw)