Surabaya,(bisnissurabaya.com)-Diguyur hujan deras selama hampir  dua jam, beberapa ruas jalan protokoler di Surabaya mengalami banjir Kamis (31/1).

Langganan banjir terjadi di Jalan Mayjen Sungkono hingga mencapai betis orang dewasa, di Perumahan Sidosermo PDK bahkan selutut orang dewasa. Bahkan akses jalan utama wonokromo depan Rumah Sakit Islam (RSI), jalan Darmo, Kutai dan kawasan Kodam Brawijaya juga terpantau banjir.

Salah satu warga bernama Syukur yang kebetulan melintas di Jalan Darmo dan Mayjen Sungkono mengalami hal buruk, lantaran motornya yang mogok ketika melaju di jalan itu.

“Ini saya melintas dari Darmo hingga HR Muhammad, mas. Baru kali ini motornya mogok, ini saya tuntun dulu sampai ke daerah ketinggian agak dikit banjirnya, karena saya hendak menuju Manukan,” kata Syukur.

Syukur, mengaku menyesal telah melintasi jalur Darmo dan Jalan Mayjen Sungkono. Lain kali ketika hujan cukup deras, ia akan memilih jalur alternatif lain agar tak terjadi hal serupa motornya mogok.

“Lain kali kalau hujan deras seperti akan mencari jalan alternatif. Mungkin ke depannya lebih baik untuk perbaikan pembuangan air biar tidak banjir macet seperti ini, tapi ini kan Pemkot Surabaya sudah gembar-gembor mengefektifkan pompa dan menambah bozem agar tidak terjadi banjir,” keluh Syukur.

Pengendara motor lainnya, Yeni Noer mengaku ketika melihat banjir jalan Darmo langsung memilih melaju di jalur kanan jalan yang posisi datarannya lebih tinggi.

“Saya terjebak banjir selama dua jam gak bisa lewat jalan ditutup disisi Darmo dan Kodam. Ya pilih jalan alternatif hingga menuju jalan Kalimantan,” kata Yeni.

Disela terjadi genangan air yang lumayan dalam tak ketinggalan di manfaatkan oleh warga untuk mengais rezeki. Seperti di jalan Adityawarman misalnya momen banjir untuk mengais rezeki dengan membuka jalur alternatif untuk langsung tembus ke kawasan Kebun Binatang Surabaya.

Kondisi di Surabaya terendam banjir  seperti di daerah Wonokromo  Kertajaya, Sidosermo, Dukuh Kupang, Mayjen Sungkono, Tambak Mayor.

Sebelumnya, berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam persiapan menghadapi datangnya musim penghujan. Seperti menyiapkan 204 pompa yang berada di 59 titik rumah pompa, kondisinya baik.

Rumah pompa yang dibackup dengan genset. Hal ini untuk mengantisipasi ketika terjadi listrik padam, rumah pompa itu masih dapat bekerja. Setidaknya, ada 111 genset yang telah disiapkan sebelumnya. (ton)