Bondowoso, (bisnissurabaya.com)
Bencana banjir kembali melanda Provinsi Jawa Timur/Jatim. Kali ini terjadi di Desa Ijen, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Musibah itu terjadi Rabu, (29/1) sekitar pukul 13.00 WIB.

Diperkirakan terdapat ± 200 KK terdampak bencana banjir bercampur lumpur setebal 60 cm tersebut, sebagian besar mengungsi di rumah tetangga atau saudaranya.
“Banjir bandang ini diakibatkan curah hujan tinggi yang terjadi di wilayah hulu, pegunungan Ijen,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalak BPBD) Kabupaten Bondowoso, Kukuh, kepada bisnissurabaya.com Selasa (29/1). Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi pada 2019 yang lalu membuat hutan di pegunungan Ijen menjadi gundul.

Kondisi hutan yang gundul di wilayah pegunungan Ijen menjadi faktor terjadinya banjir bandang di Desa Sempol, Kecamatan Ijen. “Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Bondowoso melakukan evakuasi korban dan terus berkoordinasi dengan instansi terkait. Seperti Dinas Sosial, dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” jelas Kukuh.

Dia tidak menjelaskan secara pasti berapa kerugian harta milik warga. Hanya saja, ia berharap, segera ada bantuan dari instansi terkait untuk melakukan kegiatan rehabilitasi pasca bencana di lokasi selama beberapa waktu kedepan. (nanang)