Surabaya, (bisnissurabaya.com)
Sekitar 100 siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan/SMK Negeri 1 Slawi Tegal Jawa Tengah/Jateng melakukan kunjungan industri ke Surabaya TV/STV. Rombongan yang dipimpin Kepala Sekolah Drs Sufian, M.Eng, didampingi tiga guru pendamping diterima Tim Surabaya TV, yang terdiri Bambang Wiliarto, Timothy Surya Dewata, Yonas, di Studio Jalan Raya Darmo Permai III A5-A8, Surabaya, Selasa (14/1) pagi.

Mereka pelajar kelas XI dari tiga jurusan. Yakni, multimedia/MM, teknik komputer dan jaringan/TKJ, dan rekayasa perangkat lunak/RPL ingin mengetahui lebih dekat kegiatan produksi media televisi lokal Surabaya TV dan Bisnis Surabaya berikut online http://bisnissurabaya.com. Pimred SurabayaTV, Timothy Surya Dewata dan Pimred Bisnis Surabaya, Bambang Wiliarto, seperti biasanya bertindak sebagai nara sumber dalam kunjungan industri ini.
Intinya, para siswa diberi penjelasan bagaimana proses sebuah berita dibuat oleh wartawan/jurnalis. Baik, televisi, Koran/tabloid maupun online. Tugas wartawan adalah mencari berita. Kemudian menulis berita yang diserahkan kepada redaktur untuk diedit,’’ kata Timothy. Demikian juga proses pembuatan berita untuk media cetak dan online. ‘’Prosesnya sama. Semua didahului dengan wartawan yang mencari berita,’’ tambah Bambang.

Dalam kunjungan industri yang wajib bagi siswa SMK ini terlihat antusiasme peserta. Hal ini nampak dari aktifnya peserta bertanya tentang apa beda wartawan dan jurnalis. Para peserta menerima banyak sekali informasi dan semakin terbuka wawasannya. Diakhir kunjungan, peserta dilatih menjadi seorang presenter/news anchor. (dend)