Gresik, (bisnissurabaya.com)
Seorang anak berkebutuhan khusus, asal Surabaya, menggelar pameran tunggal Kapal Pinisi di Gresik. Meski baru pertama kali, namun, satu dari puluhan karyanya langsung dibeli pengunjung dengan harga Rp 27 juta. Hebatnya, remaja 19 tahun itu, ternyata mengoleksi sepuluh penghargaan internasional dari PBB, dan organisasi internasional.

Inilah aksi Muhammad Ariel Arkana Ramadhan, disela-sela pameran tunggal puluhan lukisan Kapal Pinisi karyanya, di sebuah Hotel di GKB, Manyar, Gresik. Remaja 19 tahun asal Surabaya, yang akrab disapa Ariel Ramadhan ini, sengaja menunjukkan kemampuan dan bakatnya melukis kapal pinisi di depan pengunjung yang hadir dari sejumlah kota, di Jatim, Minggu (5/1) siang.

Untuk melukis Kapal Pinisi, Ariel, hanya butuh waktu 10 menit. Meski berkebutuhan khusus, sehari Ariel mampu membuat sepuluh lukisan Kapal Pinisi yang keren dan eksotis. Hebatnya, meski berkebutuhan khusus, putra pasangan suami istri Eko Sumargo dan Savitri Milosdini, ini memiliki segudang prestasi internasional.

Remaja kelahiran 13 Desember 1999 ini, belajar melukis di Sanggar Daun, sejak masuk kelas 2 SMP, 2015 lalu. Bersama-sama temannya di Sanggar Daun, Ariel Ramadhan, menyabet 750 penghargaan internasional, yang diadakan badan-badan PBB, organisasi internasioanal dan perusahaan multinasional. Sedangkan Ariel Ramadhan sendiri, mengoleksi sepuluh penghargaan internasional. Pameran tunggal Kapal Pinisi karyanya merupakan pameran perdana, yang digelar sejak 4-18 Januari 2020.

Meski baru pertama menggelar pameran, karyanya mampu menarik banyak pengunjung. Karya lukisan Ariel Ramadhan, tidak hanya keren, tapi juga tampak hidup saat dilihat. Terbukti, satu dari puluhan karyanya langsung dibeli pengunjung yang datang, saat mengikuti lelang.
Ariel Ramadhan mengaku, sejak kecil memang suka menggambar Kapal Pinisi. Dirinya senang, karyanya bisa terjual Rp 27,5 juta. Rencananya, uang hasil lelang lukisan miliknya akan ditabung untuk masa depan. Selain mampu menciptakan lukisan Kapal Pinisi asli Indonesia, yang keren, Ariel Ramadhan, juga baru saja membuat Picture Book, atau buku bergambar dengan judul Pinisi. (bashoir/stv)