Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Hujan disertai angin kencang melanda Kota Surabaya dan Sidoarjo, Minggu (5/1). Hal ini menyebabkan banyak pohon tumbang dan tiang listrik roboh.

Diantaranya, kawasan MERR, Semolowaru, Rungkut Asri, Barata Jaya, Nginden, Gunung Anyar, Lakarsantri, hingga Krian. Banyaknya pohon tumbang membuat Wakil Gubernur Jawa Timur/Jatim, Emil Dardak, meninjau kesalah satu lokasi tumbangnya pohon di Jalan Ahmad Yani, Surabaya. Selain beberapa wilayah di kota ini juga terjadi di Gresik, Kediri, dan Madura juga terjadi hujan disertai angin kencang.

Selang beberapa waktu, Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak, langsung melakukan peninjauan disalah satu ruas jalan di Surabaya yang mengalami kerusakan. Yaitu, pohon tumbang di sisi Jl. A.Yani. Emil langsung bergabung bersama tim BPBD Jatim yang melakukan pembersihan pohon.
“Teman-teman BPBD Jatim sudah berada di lapangan sejak tadi,” katanya.

Petugas BPBD Jatim, menurut Emil, masih memotong batang pohon yang tumbang menutupi jalan. Mereka berusaha membersihkan jalanan dari batang pohon yang tumbang. Ia mengatakan, Tim BPBD Jatim akan menuntaskan dan membersihkan ruas jalan yang banyak pohon tumbang. Khususnya di jalan utama. “Tindakan cepat dalam mengatasi bencana seperti ini harus dilakukan agar fasilitas umum masyarakat bisa berfungsi dan tidak terganggu,” ujarnya.

Saat mendampingi tim BPBD Jatim, Emil mengingatkan agar tim mengutamakan alat keamanan saat bekerja. Ia memastikan para pekerja menggunakan helm, chainsaw pemotong bisa bekerja dengan baik dan aman.

Dia menghimbau pada masyarakat Jatim, terutama yang sedang berkendara di jalan untuk waspada ketika terjadi hujan disertai angin kencang. “Harap waspada adanya ranting dan batang pohon tumbang,” ujarnya.

Selain itu, Emil, menjelaskan jika dirinya berkoordinasi dengan PLN untuk memulihkan tiang-tiang listrik yang roboh di daerah Sidoarjo. “Petugas PLN terus menginventarisir dan melakukan upaya pemilihan,” Tambahnya. (bw)